KEMENTERIAN PERTANIAN - DIREKTORAT JENDERAL PERKEBUNAN

BALAI BESAR PERBENIHAN DAN PROTEKSI TANAMAN PERKEBUNAN SURABAYA

18/06/2018 - 05:15 AM
Selamat Datang di Website kami     BBPPTP Surabaya Sahabat Setia Petani (SiANI)     PNS BBPPTP Surabaya Tidak Menerima Gratifikasi Dalam Pelaksanaan Tugas Sesuai Ketentuan Yang Berlaku

Tetratichus brontispae, PARASITOID HAMA Brontispa longissima

Di Publish Pada : 05/11/2017 | Kategori : PROTEKSI

Oleh : Umiati, SP dan  Irfan Chammami,SP

  

 

Gambaran Umum

Kelapa (Cocos nucifera L.) merupakan tanaman perkebunan industry berupa pohon batang lurus dari family palmae. Tanaman ini merupakan tanaman serba guna atau tanaman yang mempunyai nilai ekonomi yang tinggi. Seluruh bagian pohon kelapa dapat dimanfaatkan untuk kepentingan manusia, sehingga pohon ini sering disebut pohon kehidupan (tree of life) karena hampir seluruh bagian dari pohon, akar, batang, daun, dan buahnya dapat dipergunakan untuk kebutuhan hidup manusia sehari-hari.

Produkti!itas kelapa rakyat 0,5 - 1 ton kopra per hektar per tahun adalah rendah bila dibandingkan dengan kemampuannya untuk berproduksi sampai 2 ton kopra. Rendahnya produksi ini, disamping belum menggunakan bibit unggul dan kurangnya pemeliharaan juga disebabkan oleh umur tanaman yang telah tua dan lingkungan tumbuh yang tidak sesuai. Kondisi yang demikian mengakibatkan pendapatan petani kelapa sangat rendah. Untuk meningkatkan produktifitas kelapa dan pendapatan petani, kelapa tua perlu diremajakan, kelapa yang relatif muda direhabilitasi. Penanaman baru atau perluasan harus mempertimbangkan kesesuaian lingkungan, dan meningkatkan nilai tambah dari produk yang dihasilkan tidak hanya kelapa butiran, kopra atau minyak akan tetapi aneka ragam produk yang berasal dari tanaman kelapa maupun dari tanaman sela yang ditanam diantara pohon kelapa (Nababan, 2017).

Dalam pelaksanaan budidaya tanaman perkebunan ada salah satu hambatan yang cukup berarti yaitu dengan adanya gangguan Organisme Pengganggu Tumbuhan (OPT), karena dapat mengakibatkan rendahnya kualitas dan poroduksi yang dihasilkan dan berimplikasi pada rendahnya pendapatan petani. Salah satu jenis OPT yang menyerang tanaman kelapa dan penyebarannya cukup luas adalah hama pucuk daun kelapa Brontispa longissima.

 

selengkapnya..


Agenda

Kritik Dan Saran

Pengunjung

Pengunjung hari ini : 20
Total pengunjung : 5447

Polling

Polling Layanan Informasi Website

Bagaimana layanan informasi yang tersedia di website ini ?
Sangat Baik
Baik
Cukup
Kurang
Sangat Kurang

Galeri Foto

Galeri Video

Copyright © 2017 Direktorat Jenderal Perkebunan - Kementerian Pertanian
Jl. Raya Mojoagung No.52, Gambiran, Mojoagung, Kabupaten Jombang, Jawa Timur 61482, Indonesia
Telp. : (0321) 496430; 495842 Fax : (0321) 496430 ; 495842. Email : balaibesarsurabaya@pertanian.go.id