KEMENTERIAN PERTANIAN - DIREKTORAT JENDERAL PERKEBUNAN

BALAI BESAR PERBENIHAN DAN PROTEKSI TANAMAN PERKEBUNAN (BBPPTP) SURABAYA

23/06/2021 - 08:10 AM

Mengenal  Hama Gudang Kopi Araecerus fasciculatus

Di Publish Pada : 16/12/2020 | Kategori : PROTEKSI

Oleh :

Dwi Purbo Lestari, SP dan Embriani, SP

 

Kopi merupakan salah satu komoditi perkebunan yang memiliki nilai ekonomi tinggi diantara tanaman perkebunan lainnya, serta berperan penting sebagai sumber devisa negara selain minyak dan gas. Kopi memiliki peluang ekspor tinggi dan memiliki pasar penjualan yang besar, baik di dalam negeri maupun pasar internasional. 

Produksi biji kopi yang diterima pasar harus memenuhi syarat mutu biji yang baik sesuai dengan standart yang telah ditetapkan. Menurut Badan Standarisasi Nasional (2017), syarat mutu bji kopi yang baik harus : 1) tidak adanya serangga hidup; 2) tidak ada biji berbau busuk dan atau berbau kapang; 3) maksimal kadar air 12,5% fraksi massa; dan 4) maksimal kadar kotoran 0,5% fraksi massa. Standart lainnya yang digunakan untuk mengukur mutu biji kopi Indonesia yaitu GMP (Good Manufacturing Practice) yang bertujuan untuk menghasilkan biji kopi berkualitas sesuai standart Internasional.

Biji kopi setelah pasca panen akan disimpan di dalam gudang penyimpanan dalam jangka waktu yang lama sebelu diolah atau diekspor. Gudang penyimpanan erat kaitannya dengan serangga hama gudang yang memiliki kemampuan beradaptasi pada lingkungan gudang yang kering, suhu relatif tinggi, dan kelembaban udara rendah. Kerusakan pada biji kopi yang disimpan di dalam gudang penyimpanan akibat serangga hama dapat mengurangi kualitas biji kopi melalui penurunan berat dan kualitas kopi.

Serangga di dalam gudang adalah serangga yang telah teradaptasi pada lingkungan penyimpanan. Salah satu hama gudang kopi yang dapat mengancam kualitas kopi di Indonesia adalah Araecerus fascilutatus. A. faciculatus menyebabkan kerusakan 26,7% pada gudang penyimpanan kopi.

 

Selengkapnya


Agenda

Kritik Dan Saran

Pengunjung

Pengunjung hari ini : 40
Total pengunjung : 90960

Polling

Polling Layanan Informasi Website

Bagaimana layanan informasi yang tersedia di website ini ?
Sangat Baik
Baik
Cukup
Kurang
Sangat Kurang

Galeri Foto

Galeri Video

Copyright © 2017 Direktorat Jenderal Perkebunan - Kementerian Pertanian
Jl. Raya Mojoagung No.52, Gambiran, Mojoagung, Kabupaten Jombang, Jawa Timur 61482, Indonesia
Telp. : (0321) 496430; 495842 Fax : (0321) 496430 ; 495842. Email : balaibesarsurabaya@pertanian.go.id