KEMENTERIAN PERTANIAN - DIREKTORAT JENDERAL PERKEBUNAN

BALAI BESAR PERBENIHAN DAN PROTEKSI TANAMAN PERKEBUNAN SURABAYA

22/11/2017 - 09:30 PM
Balai Besar Perbenihan dan Proteksi Tanaman Perkebunan Surabaya >> Sahabat Setia Petani (SiANI) >> tes 1 >> tes2

KUNJUNGAN KERJA DIREKTUR PERLINDUNGAN PERKEBUNAN KE DESA ORGANIK PASURUAN

Di Publish Pada : 06/11/2017 | Kategori : PERKEBUNAN

Pasuruan, Direktur Perlindungan Perkebunan Drs.Dudi Gunadi, BSc, M.Si.  didampingi oleh Kepala BBPPTP Surabaya Ardi Praptono, SP melakukan kunjungan kerja ke Desa Organik di Desa Tutur, Kecamatan Tutur, Kabupaten Pasuruan pada tanggal 29 Maret 2017. Kunjungan ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan kegiatan Desa Pertanian organik berbasis komoditas Perkebunan. Kegiatan ini diikuti oleh Kasubdit Data Dan Kelembagaan Direktorat Perlindungan Perkebunan Heru Tri Widarto, S.Si, M.Sc,  Kepala Bidang Proteksi BBPPTP Surabaya Wahyu Irianto SP, Kepala Bidang Perkebunan Dinas Pertanian Kabupaten Pasuruan Ir. Hari Santoso dan Tim  Desa Organik BBPPTP Surabaya.

            Dalam kesempatan ini Direktur Perlindungan Perkebunan Drs.Dudi Gunadi, BSc, M.Si memberikan apresiasi kepada seluruh Tim Desa Organik BBPPTP Surabaya yang telah melaksanakan kegiatan Desa Orgnik tahun 2016 dengan sangat baik, beliau juga banyak memberikan motivasi kepada Kelompok Tani Manunggaling Karso. Petani ini adalah pekerjaan yang sangat mulia jauh dari godaan untuk korupsi maupun kolusi, petani bukan status sosial atau profesi melainkan penghulu nutrisi, dimana kebaikan hidup bermula. Desa Organik itu merupakan mimpi kita bersama, untuk mewujudkan mimpi itu butuh kerjasama, kekompakan dan semangat dari semua pihak baik petani, kita tidak bisa memilih mimpi tetapi kita bisa  mewujudkan kenyataan. Menghargai pertanian dan hasilnya, menghargai kebaikan anda sendiri.

Kepala BBPPTP Surabaya Ardi Praptono, SP menyampaikan bahwa pada tahun 2017 ini akan dilaksanakan kegiatan pelatihan sistem pertanian organik dan pre Assesment,  untuk itu  Kelompok Manunggaling Karso Desa Tutur, Kecamatan Tutur Kabupaten Pasuruan harus tetap semangat menjalankan program desa organik ini sehingga mimpi untuk menjadi Desa Organik segera terwujud. Sedangkan Kepala Bidang Perkebunan Dinas Pertanian Kabupaten Pasuruan Ir. Hari Santoso mengucapkan terima kasih atas kepercayaan Direktorat Jenderal Perkebunan yang telah memilih Kelompok tani Manunggalingkarso untuk menjadi Desa Organik, Kabupaten Pasuruan telah memiliki nama untuk produk kopi yaitu Kopi KAPITEN, KAPITEN  mempunyai kepanjangan kopi “Asli Kabupaten Pasuruan”, sedangkan Kopi yang telah diproduksi oleh kelompok tani Manunggalingkarso diberi nama JOSS KOPI dengan berbagai variaan. Pemerintah Kabupaten Pasuruan juga berkomitmen untuk mengangkat Kopi yang dihasilkan oleh kelompok Tani manunggalingkarso dengan cara mempromosikan melalui kegiatan pameran maupun perlombaan cita rasa kopi.

Pada kesempatan ini  diberikan bantuan untuk mendukung kegiatan desa organik berupa alat pemotong rumput dan sprayer, kemudian dilanjutkan meninjau pengelolan ternak sapi di Kelompok Manunggalingkarso yang saat ini jumlah ruminansia besar (sapi) telah bertambah sehingga akan meningkatkan produksi kotoran ternak sebagai bahan penyubur organik untuk tanaman kopi, unit pengolahan kopi, dan kebun kopi kelompok tani  Manunggalingkarso.  


Agenda

Kritik Dan Saran

Pengunjung

Polling

Survey kepuasan website edit

Seberapa sering anda mengunjungi website ditjenbun ??
Setiap hari
Seminggu sekali
Sebulan sekali
Setahun sekali
Tidak Pernah

Galeri Foto

Galeri Video

Copyright © 2017 Direktorat Jenderal Perkebunan - Kementerian Pertanian
Jl. Raya Mojoagung No.52, Gambiran, Mojoagung, Kabupaten Jombang, Jawa Timur 61482, Indonesia
Telp. : (0321) 496430; 495842 Fax : (0321) 496430 ; 495842. Email : balaibesarsurabaya@pertanian.go.id