KEMENTERIAN PERTANIAN - DIREKTORAT JENDERAL PERKEBUNAN

BALAI BESAR PERBENIHAN DAN PROTEKSI TANAMAN PERKEBUNAN SURABAYA

22/08/2018 - 12:53 PM
Selamat Datang di Website kami     BBPPTP Surabaya Sahabat Setia Petani (SiANI)     PNS BBPPTP Surabaya Tidak Menerima Gratifikasi Dalam Pelaksanaan Tugas Sesuai Ketentuan Yang Berlaku

FORMULASI BAKTERI PERAKARAN (PLANT GROWTH PROMOTING RHIZOBACTERIA-PGPR)

Di Publish Pada : 06/11/2017 | Kategori : PROTEKSI

 

Pendahuluan

Pemanfaatan bakteri perakaran atau PGPR dalam bidang perlindungan telah banyak dilaporkan pada beberapa tanaman dan dilaporkan memiliki efektivitas yang cukup baik. Liu et al. (1995) menyuntikkan pseudomonas pendar fluor pada kotiledon daun untuk mengendalikan bakteri patogen pada ketimun. Namun, cara penyuntikan maupun metode lain yang menggunakan suspensi bakteri agensia pengendali hayati akan sulit dilakukan dalam skala luas untuk mengendalikan penyakit-penyakit daun di lapangan (Capper and Higgins, 1993). Kondisi tersebut memberikan gagasan untuk dilakukannya pengembangan agensia pengendali hayati yang dapat diaplikasi pada skala luas dalam bentuk formulasi (Jones and Burges, 1998; Gerhardson, 2002).

Formulasi dalam bentuk penyelimutan benih (seed coating), bentuk tepung dan dalam bentuk cair telah dilakukan untuk pengembangan upaya pengendalian patogen tumbuhan dalam skala luas. Namun kemampuan dan daya tahan agensia pengendali hayati dalam formulasi sangat tergantung pada bentuk, komposisi dan kondisi bioformulasi (Kloepper et al., 1981). Beberapa penelitian telah dilakukan untuk memperbaiki kemampuan antagonistik dan daya tahan agensia pengendali hayati baik dengan penambahan sumber karbon, sumber mineral maupun bahan-bahan tertentu.

 

Selengkapnya


Agenda

Kritik Dan Saran

Pengunjung

Pengunjung hari ini : 27
Total pengunjung : 8383

Polling

Polling Layanan Informasi Website

Bagaimana layanan informasi yang tersedia di website ini ?
Sangat Baik
Baik
Cukup
Kurang
Sangat Kurang

Galeri Foto

Galeri Video

Copyright © 2017 Direktorat Jenderal Perkebunan - Kementerian Pertanian
Jl. Raya Mojoagung No.52, Gambiran, Mojoagung, Kabupaten Jombang, Jawa Timur 61482, Indonesia
Telp. : (0321) 496430; 495842 Fax : (0321) 496430 ; 495842. Email : balaibesarsurabaya@pertanian.go.id