KEMENTERIAN PERTANIAN - DIREKTORAT JENDERAL PERKEBUNAN

BALAI BESAR PERBENIHAN DAN PROTEKSI TANAMAN PERKEBUNAN SURABAYA

22/09/2018 - 03:05 PM
Selamat Datang di Website kami     BBPPTP Surabaya Sahabat Setia Petani (SiANI)     PNS BBPPTP Surabaya Tidak Menerima Gratifikasi Dalam Pelaksanaan Tugas Sesuai Ketentuan Yang Berlaku

APA SIH FORMULASI PESTISIDA ITU??

Di Publish Pada : 15/12/2017 | Kategori : PROTEKSI

Oleh

Ayutia Ciptaningtyas Putri, S.Si

PMHP Ahli Pertama

 

 

Hampir semua petani maupun masyarakat umum sudah mengenal pestisida. Akan tetapi tahukah bahwa pestisida seperti yang kita dapatkan di kios-kios pestisida tidak dijual dalam bentuk murni, melainkan harus diformulasikan terlebih dahulu agar mudah diaplikasikan. Formulasi pestisida merupakan campuran yang homogen dan stabil dari bahan aktif dan bahan tidak aktif sehingga produk lebih mudah dan lebih aman digunakan. Pestisida harus diformulasi untuk mempermudah penanganan dan aplikasi di lapangan, meningkatkan keselamatan bagi pengguna, konsumen dan lingkungan, meningkatkan efikasi pestisida di lapangan dan meningkatkan kestabilan produk.

Bahan aktif adalah senyawa kimia atau bahan-bahan lain yang memiliki efek biologi sebagai pestisida (meracuni, membunuh atau mempengaruhi kehidupan organisme pengganggu tumbuhan). Bahan aktif murni sangat beracun, berbahaya, ada yang tidak stabil, dan ada yang sulit (atau tidak aman) saat pengangkutan ataupun penyimpanan. Untuk mengatasi masalah ini, produsen menambahkan bahan tidak aktif (inert) ke produk pestisida. Inert ditambahkan agar pestisida mudah digunakan, meningkatkan kinerja pestisida di lapangan, menyebarkan pestisida pada bidang sasaran, meningkatkan penetrasi pestisida pada sasaran, meningkatkan kestabilan dan umur simpan produk pestisida.

 

selengkapnya..


Agenda

Kritik Dan Saran

Pengunjung

Pengunjung hari ini : 47
Total pengunjung : 10015

Polling

Polling Layanan Informasi Website

Bagaimana layanan informasi yang tersedia di website ini ?
Sangat Baik
Baik
Cukup
Kurang
Sangat Kurang

Galeri Foto

Galeri Video

Copyright © 2017 Direktorat Jenderal Perkebunan - Kementerian Pertanian
Jl. Raya Mojoagung No.52, Gambiran, Mojoagung, Kabupaten Jombang, Jawa Timur 61482, Indonesia
Telp. : (0321) 496430; 495842 Fax : (0321) 496430 ; 495842. Email : balaibesarsurabaya@pertanian.go.id