KEMENTERIAN PERTANIAN - DIREKTORAT JENDERAL PERKEBUNAN

BALAI BESAR PERBENIHAN DAN PROTEKSI TANAMAN PERKEBUNAN SURABAYA

18/06/2018 - 05:14 AM
Selamat Datang di Website kami     BBPPTP Surabaya Sahabat Setia Petani (SiANI)     PNS BBPPTP Surabaya Tidak Menerima Gratifikasi Dalam Pelaksanaan Tugas Sesuai Ketentuan Yang Berlaku

Partisipasi BBPPTP Surabaya pada Uji Profisiensi yang Diselenggarakan oleh Komite Akreditasi Nasional (KAN) Memperoleh Hasil Memuaskan

Di Publish Pada : 05/01/2018 | Kategori : PERKEBUNAN

Untuk memenuhi salah satu persyaratan teknis dalam penerapan SNI ISO/IEC 17025:2008 yaitu adanya jaminan mutu hasil pengujian yang salah satunya mengikuti uji profisiensi, BBPPTP Surabaya rutin mengikuti uji profisiensi yang kali ini diselenggarakan oleh berbagai penyelenggara uji profisiensi. Dengan mengambil bagian dalam uji profisiensi dapat memberikan keyakinan terhadap peralatan laboratorium, metode yang digunakan, analis yang bekerja dan jaminan terhadap pelanggan akan hasil pengujian.

Pada bulan Mei 2017 Laboratorium Analisis Pestisida (LAP) yang merupakan salah satu laboratorium di BBPPTP Surabaya mengikuti uji profisiensi untuk parameter uji residu pestisida malation dan karbofuran yang diselenggarakan oleh Komite Akreditasi Nasional (KAN) Indonesia. Uji profisiensi ini rutin diselenggarakan oleh KAN dengan parameter yang berbeda tiap tahunnya.

Sebenarnya ada 3 parameter bahan aktif yang diujikan yaitu metidation, malation dan karbofuran, akan tetapi LAP BBPPTP Surabaya hanya mengikuti 2 parameter saja yaitu malation dan karbofuran dikarenakan belum memiliki standar pestisida metidation. Uji profisiensi ini diikuti oleh 17 laboratorium penguji dari seluruh Indonesia, diantaranya BPTPH Sumatera Barat, BBPPTP Surabaya, BPMB Jakarta, PT. TUV Nord Indonesia, PT. Indofood Sukses Makmur, BPTPH Jawa Timur, BBPT Padi Sukamandi, BBUS Karantina Jakarta, BPMPT Pasar Minggu, PT. Indo World, PT. Saraswanti Indo Genetech, PT. SGS Indonesia, BPTPH Sulawesi Selatan, BPTPH Medan, PT. Sucofindo, PPMPHP Cibubur, dan PT. Angler Biochem Lab Surabaya.

Hasil uji profisiensi telah diterima oleh LAP BBPPTP Surabaya pada 13 November 2017. Untuk parameter malation, terdapat 11 laboratorium yang berpartisipasi dan hasilnya terdapat 1 laboratorium yang outlier. Adapun nilai Z score untuk LAP BBPPTP Surabaya adalah -1,42. Sedangkan untuk parameter karbofuran diikuti oleh 14 laboratorium dimana terdapat 4 laboratorium yang outlier. Adapun nilai Z score untuk LAP BBPPTP Surabaya adalah 0,15. Nilai Z score ini berada dalam rentang -3 < x < 3 sehingga hasil pengujian yang dilaksanakan oleh LAP BBPPTP Surabaya dinyatakan satisfactory (memuaskan) dalam uji profisiensi ini.

Hasil uji profisiensi ini digunakan sebagai salah satu pertimbangan bagi Komite Akreditasi Nasional dalam rangka pemberian, pemeliharaan, perpanjangan dan penundaan akreditasi untuk laboratorium penguji di Indonesia.

 

Oleh: Bayu Refindra


Agenda

Kritik Dan Saran

Pengunjung

Pengunjung hari ini : 20
Total pengunjung : 5447

Polling

Polling Layanan Informasi Website

Bagaimana layanan informasi yang tersedia di website ini ?
Sangat Baik
Baik
Cukup
Kurang
Sangat Kurang

Galeri Foto

Galeri Video

Copyright © 2017 Direktorat Jenderal Perkebunan - Kementerian Pertanian
Jl. Raya Mojoagung No.52, Gambiran, Mojoagung, Kabupaten Jombang, Jawa Timur 61482, Indonesia
Telp. : (0321) 496430; 495842 Fax : (0321) 496430 ; 495842. Email : balaibesarsurabaya@pertanian.go.id