KEMENTERIAN PERTANIAN - DIREKTORAT JENDERAL PERKEBUNAN

BALAI BESAR PERBENIHAN DAN PROTEKSI TANAMAN PERKEBUNAN SURABAYA

19/12/2018 - 10:39 PM
Selamat Datang di Website kami     BBPPTP Surabaya Sahabat Setia Petani (SiANI)     PNS BBPPTP Surabaya Tidak Menerima Gratifikasi Dalam Pelaksanaan Tugas Sesuai Ketentuan Yang Berlaku

KEGIATAN RATING VARIETAS TEBU di PT. PERKEBUNAN NUSANTARA X

Di Publish Pada : 30/04/2018 | Kategori : PERBENIHAN

Oleh:

PH. Padang, SP.,M.Agr

PBT BBPPTP Surabaya

 

 I. PENDAHULUAN

Kestabilan rendemen selama musim giling sangat dibutuhkan oleh industri gula, untuk itu diperlukan adanya sinkronosasi antara kegiatan on farm (penyediaan bahan baku) dengan kegiatan off farm (pengolahan gula). Pada saat giling, bahan baku harus sudah tersedia pada kondisi kemasakan yang optimum mulai dari awal giling hingga akhir giling. Untuk itu maka pola tanam yang diterapkan harus mengacu pada pola giling yang telah ditentukan.. Kestabilan rendemen sebagaimana dimaksud dapat tercapai apabila ditunjang dengan adanya penggunaan varietas unggul dan penataan komposisi varietas dalam jumlah yang seimbang (Anonim,2015)     

Varietas adalah sekelompok tanaman dari suatu jenis atau spesies yang ditandai oleh bentuk tanaman, pertumbuhan tanaman, daun, bunga, buah, biji, dan ekspresi karakteristik genotipe atau kombinasi genotipe yang dapat membedakan dari jenis atau spesies yang sama oleh sekurang-kurangnya satu sifat yang menentukan dan apabila diperbanyak tidak mengalami perubahan. Sedangkan Varietas Unggul adalah varietas yang telah dilepas oleh pemerintah yang mempunyai kelebihan dalam potensi hasil dan/atau sifat-sifat lainnya (Anonim, 2017).

Pada kegiatan on farm, produktivitas tanaman tebu ditentukan oleh faktor interaksi antara faktor genotip (varietas) dan faktor lingkungan (budidaya dan kesuburan tanah). Oleh karena itu, salah satu faktor utama dan kunci sukses untuk mendapatkan produktivitas tebu yang tinggi (optimal) baik bobot maupun rendemennya adalah pengunaan varietas tebu yang tepat sesuai dengan tipologi lahannya atau kondisi lingkungan tempat tumbuhnya (Anonim, 2015).  

 

selengkapnya..

 


Agenda

Kritik Dan Saran

Pengunjung

Pengunjung hari ini : 74
Total pengunjung : 16132

Polling

Polling Layanan Informasi Website

Bagaimana layanan informasi yang tersedia di website ini ?
Sangat Baik
Baik
Cukup
Kurang
Sangat Kurang

Galeri Foto

Galeri Video

Copyright © 2017 Direktorat Jenderal Perkebunan - Kementerian Pertanian
Jl. Raya Mojoagung No.52, Gambiran, Mojoagung, Kabupaten Jombang, Jawa Timur 61482, Indonesia
Telp. : (0321) 496430; 495842 Fax : (0321) 496430 ; 495842. Email : balaibesarsurabaya@pertanian.go.id