KEMENTERIAN PERTANIAN - DIREKTORAT JENDERAL PERKEBUNAN

BALAI BESAR PERBENIHAN DAN PROTEKSI TANAMAN PERKEBUNAN SURABAYA

19/12/2018 - 10:38 PM
Selamat Datang di Website kami     BBPPTP Surabaya Sahabat Setia Petani (SiANI)     PNS BBPPTP Surabaya Tidak Menerima Gratifikasi Dalam Pelaksanaan Tugas Sesuai Ketentuan Yang Berlaku

MANFAAT PROGRAM PERTANIAN ORGANIK BAGI INDUSTRI GULA SEMUT PACITAN

Di Publish Pada : 20/04/2018 | Kategori : PROTEKSI

Oleh: NINA MARIATI

 

            Gula merupakan salah satu kebutuhan bahan pangan yang sangat penting bagi kebutuhan sehari-hari baik dalam rumah tangga maupun industri makanan dan minuman skala besar dan skala kecil. Gula menjadi sangat penting karena dalam gula terkandung kalori yang dibutuhkan bagi kesehatan dan gula juga digunakan sebagai bahan pemanis utama yang digunakan oleh banyak industri makanan dan minuman.

            Gula kelapa dan gula aren sudah dikenal sebagai salah satu pemanis makanan dan minuman yang bisa menjadi substitusi gula pasir (gula tebu). Produk gula kelapa dan gula aren dipasaran dapat ditemui dalam bentuk gula cetak atau gula semut. Gula semut memiliki beberapa kelebihan dibandingkan dengan gula cetak, antara lain: lebih mudah larut, daya simpan lebih lama, bentuknya lebih menarik, pengemasan dan pengangkutan lebih mudah, mudah diperkaya dengan bahan lain misalnya dengan rempah-rempah, iodium, vitamin atau mineral, serta harganya yang lebih tinggi daripada gula cetak.

Gula semut menjadi bagian dari bahan pangan yang dibutuhkan di era pangan organik di berbagai negara. Hal ini karena gula kelapa baik dalam bentuk gula cetak maupun gula semut mempunyai kadar Glycemic Index (GI) yang rendah, sangat ideal untuk pengganti gula tebu bagi konsumen penderita diabetes. Jenis gula ini juga memiliki kadar mineral dan nutrisi yang lebih tinggi daripada jenis gula lainnya.

             Perbedaan gula aren (palm sugar) dan gula kelapa (coconut sugar) adalah bila gula aren berasal dari nira pohon palem aren atau nipah, sedangkan gula kelapa berasal dari pengolahan nira atau sari bunga pohon kelapa.

            Kabupaten Pacitan secara geografis didominasi oleh pegunungan dengan komoditas utama kelapa, singkong dan umbi-umbian. Tanaman kelapa merupakan tanaman yang semua bagiannya dapat dimanfaatkan, termasuk nira kelapa. Nira kelapa dimanfaatkan sebagai bahan baku pembuatan gula kelapa. Komoditas kelapa banyak terdapat di Kecamatan Kebonagung. Pemanfaatan nira kelapa sebagai gula kelapa telah banyak dilakukan oleh petani di Desa Mantren dan Wora Wari.

 

Selengkapnya


Agenda

Kritik Dan Saran

Pengunjung

Pengunjung hari ini : 74
Total pengunjung : 16132

Polling

Polling Layanan Informasi Website

Bagaimana layanan informasi yang tersedia di website ini ?
Sangat Baik
Baik
Cukup
Kurang
Sangat Kurang

Galeri Foto

Galeri Video

Copyright © 2017 Direktorat Jenderal Perkebunan - Kementerian Pertanian
Jl. Raya Mojoagung No.52, Gambiran, Mojoagung, Kabupaten Jombang, Jawa Timur 61482, Indonesia
Telp. : (0321) 496430; 495842 Fax : (0321) 496430 ; 495842. Email : balaibesarsurabaya@pertanian.go.id