KEMENTERIAN PERTANIAN - DIREKTORAT JENDERAL PERKEBUNAN

BALAI BESAR PERBENIHAN DAN PROTEKSI TANAMAN PERKEBUNAN SURABAYA

15/11/2018 - 09:26 PM
Selamat Datang di Website kami     BBPPTP Surabaya Sahabat Setia Petani (SiANI)     PNS BBPPTP Surabaya Tidak Menerima Gratifikasi Dalam Pelaksanaan Tugas Sesuai Ketentuan Yang Berlaku

KUNJUNGAN KERJA KEMENTERIAN BIDANG PEREKONOMIAN KE DESA ORGANIK PASURUAN

Di Publish Pada : 01/10/2018 | Kategori : UMUM

Pasuruan, Asisten Deputi Prasarana dan Sarana Pangan dan Pertanian Kementerian Bidang Perekonomian ibu Ignatia Maria Honggowati  didampingi oleh Kepala BBPPTP Surabaya Ardi Praptono, SP, M.Agr melakukan kunjungan kerja ke Desa Organik di Desa Tutur, Kecamatan Tutur, Kabupaten Pasuruan pada tanggal 27 September 2018. Kunjungan ini merupakan tindak lanjut dari kegiatan Focus Group Discussion (FGD) yang bertujuan untuk mengetahui perkembangan kegiatan Desa Pertanian organik berbasis komoditas Perkebunan. Kegiatan ini diikuti oleh Kepala Bidang Proteksi BBPPTP Surabaya Wahyu Irianto SP, Tim Kementerian Bidang Perekonomian  serta Tim  Desa Organik BBPPTP Surabaya.

Dalam kesempatan ini Asisten Deputi Prasarana dan Sarana Pangan dan Pertanian Kementerian Bidang Perekonomian Ibu Ignatia Maria Honggowati  memberikan apresiasi kepada seluruh Tim Desa Organik BBPPTP Surabaya yang telah melaksanakan kegiatan Desa Organik  dengan sangat baik, beliau juga banyak memberikan motivasi kepada Kelompok Tani Manunggaling Karso. Penerapan pertanian organik dari sisi lingkungan hidup mampu mengurangi kerusakan struktur tanah, mengurangi kerusakan ekosistem akibat penggunaan pestisida dan mengurangi biaya pembelian pupuk dan pestisida dan diharapkan dengan kunjungan ini diharapkan dapat menjaring informasi dan isu-isu terkini mengenai pengembagan dan keberlanjutan desa pertanian organik di berbagai wilayah serta mengidentifikasi berbagai hambatan dan mencari solusi / upaya penyelesaian dalam pengembangan dan keberlanjutan desa pertanian organik

 Pada kesempatan ini Kepala BBPPTP Surabaya Ardi Praptono, SP, M.Agr menyampaikan bahwa Provinsi Jawa Timur terdapat 17 kelompok (450 orang) tani di 13 kabupaten yang terdiri dari 12 kelompok tani komoditi kopi, 4 kelompok tani komoditi kakao, 1 kelompok tani komoditi gula dengan. Dari 17 kelompok tani, 8 kelompok tani telah melaksanakan tahapan sertifikasi dan sertifikat organik akan terbit tahun 2018. Sedangkan sisanya 9 kelompok tani akan mendapatkan sertifikat organik pada tahun 2019. BBPPTP  Surabaya memiliki komitmen menanamkan kebersamaan, kekompakan dan kekeluargaan untuk mensukseskan kegiatan desa organik. Pembinaan yang berkelanjutan dan terus membimbing kelompok baik secara administrasi, pemeliharaan kebun maupun sarana dan prasarana yang sudah diperbantukan dalam menunjang suksesnya kegiatan desa organik pertanian berbasis komoditas perkebunan khususnya tanaman kopi, kakao dan gula kelapa.

 Pada kesempatan ini Asisten Deputi Prasarana dan Sarana Pangan dan Pertanian Kementerian Bidang Perekonomian ibu Ignatia Maria Honggowati  didampingi oleh Kepala BBPPTP Surabaya Ardi Praptono, SP, M.Agr beserta rombongan meninjau pengelolan ternak sapi sebagai penghasil kotoran ternak untuk bahan penyubur tanah,  tempat pengolahan kopi, serta  kebun kopi kelompok tani  Manunggalingkarso. 

Oleh: Bayu Aji Nugroho


Agenda

Kritik Dan Saran

Pengunjung

Pengunjung hari ini : 51
Total pengunjung : 13998

Polling

Polling Layanan Informasi Website

Bagaimana layanan informasi yang tersedia di website ini ?
Sangat Baik
Baik
Cukup
Kurang
Sangat Kurang

Galeri Foto

Galeri Video

Copyright © 2017 Direktorat Jenderal Perkebunan - Kementerian Pertanian
Jl. Raya Mojoagung No.52, Gambiran, Mojoagung, Kabupaten Jombang, Jawa Timur 61482, Indonesia
Telp. : (0321) 496430; 495842 Fax : (0321) 496430 ; 495842. Email : balaibesarsurabaya@pertanian.go.id