KEMENTERIAN PERTANIAN - DIREKTORAT JENDERAL PERKEBUNAN

BALAI BESAR PERBENIHAN DAN PROTEKSI TANAMAN PERKEBUNAN SURABAYA

15/11/2018 - 09:18 PM
Selamat Datang di Website kami     BBPPTP Surabaya Sahabat Setia Petani (SiANI)     PNS BBPPTP Surabaya Tidak Menerima Gratifikasi Dalam Pelaksanaan Tugas Sesuai Ketentuan Yang Berlaku

KELOMPOK TANI DESA ORGANIK REJEKI 17 RAIH JUARA 2 LOMBA MANAJEMEN AGRIBISNIS TERNAK KAMBING TINGKAT PROVINSI

Di Publish Pada : 16/10/2018 | Kategori : PROTEKSI

Surabaya, Ditemui pada senin pagi (15/10/2018) Shalahudin ketua kelompok tani Rejeki 17, Desa Watu Panjang, Kecamatan Krucil, Kabupaten Probolinggo tampak selesai membersihkan kandang komunal dan memberikan pakan kambing. Melihat wajahnya nampak aura bahagia karena  berhasil menjadi juara 2 tingkat  Provinsi.

Iya, baru-baru ini Kelompok Tani Rejeki 17 Mewakili Kabupaten Probolinggo berhasil menjadi juara 2 lomba Manajemen Agribisnis Ternak kambing yang diselenggarakan oleh Dinas Peternakan Provinsi  Jawa Timur.

Kelompok Tani Rejeki 17 merupakan kelompok tani Binaan Balai Besar Perbenihan dan Proteksi tanaman Perkebunan (BBPPTP) Surabaya  pada kegiatan Pengembangan Desa organik berbasis Komoditas Perkebunan.  Untuk mendukung pelaksanaan program ini, beberapa fasilitas penunjang telah diberikan oleh Direktorat Jenderal Perkebunan melalui Balai Besar Perbenihan dan Proteksi tanaman Perkebunan (BBPPTP) Surabaya yaitu Kandang ternak, hewan ternak kambing berjumlah 30 ekor, Tempat Penyimpanan kompos serta alat  pengolah pupuk organik (APPO). Dengan adanya bantuan alat pengolah kompos pengolahan hasil kotoran ternak kambing bisa lebih sempurna, dan kelompok tani dapat meningkatkan kuantitas dan kualitas pupuk organik yang  dihasilkan dan langsung bisa diaplikasikan ke kebun  kopi masing-masing.

Shalahudin menceritakan bahwa bantuan yang telah diberikan oleh BBPPTP Surabaya telah dimanfatkan dengan baik oleh kelompok tani Rejeki 17, dan tentunya telah  dibuktikan bahwa kelompok Tani Rejeki 17 telah dinobatkan menjadi yang terbaik di Kabupaten Probolinggo dalam hal Manajemen Agribisnis ternak pada tahun 2017 dan Alhamduilah pada tahun 2018 ini bisa meraih juara ke 2 tingkat Provinsi.

 Proses penilain yang dilakukan oleh Tim Juri dari Dinas Peternakan Jawa Timur juga cukup berat, mulai dari kebersihan kandang, kesehatan ternak,  dokumen ternak baik kelahiran maupun kematian serta proses pengolahan limbah berupa kotoran padat maupun cair  dan satu hal yang menjadi nilai lebih dari kelompok tani rejeki 17 ini adalah integrasi antara peternakan dengan perkebunan untuk mendukung budidaya kopi organik.

 Semoga prestasi ini semakin memacu kelompok tani lainnya untuk lebih giat lagi dalam mengelola ternak untuk mendukung pertanian organik.

Oleh: Bayu AJi Nugroho


Agenda

Kritik Dan Saran

Pengunjung

Pengunjung hari ini : 50
Total pengunjung : 13997

Polling

Polling Layanan Informasi Website

Bagaimana layanan informasi yang tersedia di website ini ?
Sangat Baik
Baik
Cukup
Kurang
Sangat Kurang

Galeri Foto

Galeri Video

Copyright © 2017 Direktorat Jenderal Perkebunan - Kementerian Pertanian
Jl. Raya Mojoagung No.52, Gambiran, Mojoagung, Kabupaten Jombang, Jawa Timur 61482, Indonesia
Telp. : (0321) 496430; 495842 Fax : (0321) 496430 ; 495842. Email : balaibesarsurabaya@pertanian.go.id