BALAI BESAR PERBENIHAN DAN PELINDUNGAN TANAMAN PERKEBUNAN SURABAYA
DIREKTORAT JENDERAL PERKEBUNAN

BBPPTP Surabaya Gelar Forum Konsultasi Publik untuk Tingkatkan Kualitas Layanan Masyarakat

Diposting     Tuesday, 04 November 2025 01:11 pm    Oleh    Admin Balai Surabaya



Jombang (03/11) – Balai Besar Perbenihan dan Pelindungan Tanaman Perkebunan (BBPPTP) Surabaya menggelar Forum Konsultasi Publik (FKP) pada Senin, 3 November 2025 bertempat di Aula BBPPTP Surabaya, Jombang. Kegiatan ini dilaksanakan sebagai tindak lanjut amanat Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik serta Permen PANRB Nomor 16 Tahun 2017, yang menegaskan pentingnya partisipasi masyarakat dalam peningkatan mutu pelayanan publik.

Kegiatan FKP ini dilaksanakan secara daring dan luring yang dihadiri oleh pegawai BBPPTP Surabaya dan para stakeholder, serta menghadirkan ruang dialog terbuka antara penyelenggara layanan dan pengguna layanan. Melalui forum ini, masyarakat dan pemangku kepentingan diberikan kesempatan untuk menyampaikan aspirasi, saran, dan evaluasi terhadap kualitas pelayanan yang telah diberikan oleh BBPPTP Surabaya.

Di tempat terpisah, Andi Faisal Kepala BBPPTP Surabaya, menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan langkah nyata untuk memperkuat komitmen instansi dalam menghadirkan layanan yang lebih transparan, responsif, dan berorientasi pada kepuasan masyarakat. “Kami ingin memastikan bahwa setiap masukan masyarakat menjadi dasar dalam perbaikan berkelanjutan terhadap sistem pelayanan publik di bidang perbenihan dan pelindungan tanaman perkebunan,” ujarnya.

Sebagai informasi, ruang lingkup layanan BBPPTP Surabaya meliputi layanan Perbenihan, Pelindungan dan Bagian Umum. Layanan di bidang Perbenihan terdiri dari layanan pengujian mutu benih tanaman perkebunan, fasilitasi sertifikasi mutu benih, pengawasan kebun sumber dan produsen benih, uji profisiensi mutu benih, pengujian laboratorium DNA, dan penyediaan benih tanaman perkebunan. Layanan di bidang Pelindungan terdiri dari layanan sistem bank isolat atau Sibulat, uji mutu agens pengendali hayati atau APH, layanan produk formulasi atau Ladufor, sistem layanan dokter tanaman atau Sinanda, sistem informasi OPT atau SIM OPT, uji mutu pestisida serta uji mutu residu pestisida dan cemaran pada produk pertanian. Selanjutnya layanan pada Bagian Umum terdiri dari layanan mobil SIANI, layanan magang/PKL, layanan permohonan informasi publik, bimbingan teknis, dan layanan sewa kelas.

Melalui pelaksanaan Forum Konsultasi Publik ini, BBPPTP Surabaya menegaskan komitmennya untuk terus mendengarkan, menampung aspirasi, dan melayani masyarakat dengan lebih baik. Diharapkan hasil dari kegiatan ini tidak hanya memperkuat kualitas pelayanan, tetapi juga membangun kepercayaan masyarakat terhadap instansi pemerintah sebagai mitra yang siap melayani dengan sepenuh hati.


Bagikan Artikel Ini  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Profil

Link Instansi Terkait

Layanan Informasi

Pengunjung

Satu Data Pertanian


 


Balai Besar Perbenihan dan Perlindungan Tanaman Perkebunan (BBPPTP) Surabaya
Direktorat Jenderal Perkebunan Kementerian Pertanian
  Jalan Raya Mojoagung No.52, Kabupaten Jombang
     Jawa Timur 61482 - Indonesia
 Telp. : (0321) 496430
 Fax : (0321) 496430
  WhatsApp : 082258397226
 Email : [email protected]
  Website : https://balaisurabaya.ditjenbun.pertanian.go.id/

Media Sosial BBPPTP Surabaya

Pengaduan Online

Klik Disini Tata Cara Pengaduan